MAKSI-PPAk. FEB UI Gelar Campus Introduction Program untuk Mahasiswa Baru Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024

Rifdah Khalisha – Humas FEB UI

DEPOK–(3/2/2024) Magister Akuntansi – Pendidikan Profesi Akuntan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (MAKSI–PPAk. FEB UI) menggelar “Campus Introduction Program untuk Mahasiswa Baru Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024” di Ruang Apung, Kampus Universitas Indonesia, Depok, pada Sabtu (3/2).

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua Program Studi MAKSI-PPAk. FEB UI Nureni Wijayati, Ph.D., CA. yang memberikan ucapan selamat kepada seluruh mahasiswa baru karena telah lulus seleksi Universitas Indonesia dan dengan bangga bergabung sebagai keluarga MAKSI-PPAk. FEB UI. Ia mengingatkan seluruh mahasiswa untuk belajar menentukan prioritas serta mengatur waktu dengan baik antara kuliah dan tanggung jawab pekerjaan sehingga dapat menyelesaikan studi pascasarjana secara tepat waktu.

Sesi pengenalan ini merupakan upaya MAKSI-PPAk. mempersiapkan para mahasiswa baru memasuki jenjang pascasarjana di perguruan tinggi. Harapannya, mahasiswa dapat berinteraksi dengan fakultas, staf, dan sesama mahasiswa, sehingga membantu mereka membangun jaringan sosial yang penting sekaligus meraih keberhasilan akademis selama masa studinya.

Lebih lanjut, program orientasi ini menyajikan serangkaian paparan yang bertujuan memberikan pemahaman mendalam seputar perkuliahan di MAKSI-PPAk., mulai dari sharing singkat bersama para alumni, kurikulum, akademik, keuangan, administrasi, fasilitas, sistem informasi UI, sistem layanan perpustakaan, e-matrikulasi, tryout ujian CA, hingga CA review, yang disampaikan oleh Nureni Wijayati, Ph.D., CA. (Ketua Program Studi MAKSI-PPAk.), Dr. Aria Farah Mita, M.S.M. (Sekretaris Program Studi MAKSI-PPAk.), Dr. Tubagus Muhamad Yusuf Khudri, S.E., M.T.I., CA. (Dosen Departemen Akuntansi FEB UI), Imam Syaiful Rochman, S.E. (Kepala Bagian Akademik MAKSI-PPAk.), dan Tatik Ridowati, S.IPI. (Pustakawan MAKSI-PPAk).

Ketua Departemen Akuntansi FEB UI Yulianti Abbas, Ph.D. pun turut menyambut kehadiran mahasiswa baru MAKSI-PPAk. Ia mengajak para mahasiswa berpartisipasi aktif di dalam kelas saat perkuliahan maupun di berbagai kegiatan mahasiswa di FEB UI, baik di Kampus Salemba maupun Depok.

“Nantinya, ada banyak sekali hal yang Anda alami, mungkin membuat gembira atau lelah, tetapi percayalah semua telah kami usahakan agar memberikan pengalaman berharga selama berkuliah di MAKSI-PPAk. Ini adalah proses untuk mengembangkan diri, baik secara akademik maupun non akademik. Kami akan sering mengundang dosen tamu dari praktisi terkemuka. Dengan demikian, kami harap Anda dapat meluangkan waktu untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk memperluas keterampilan, pengetahuan, dan networking. Tentunya, kami berharap Anda dapat menyelesaikan perkuliahan secepatnya sesuai batas waktu yang ditentukan dan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Memasuki sharing session yang penuh inspirasi, Alumni MAKSI Angkatan 2004 Fiantonius Sihotang, CPMA, CA, CPA, CACP, QRGP berbagi pengalamannya mengenai peluang karier profesional lulusan Magister Akuntansi, khususnya dalam konteks bisnis Kantor Akuntan Publik (KAP) dan Kantor Jasa Akuntansi (KJA).

Ia menyoroti perkembangan terkini dalam dunia akuntansi hingga peran dan tantangan yang dihadapi para profesional selama memberikan layanan konsultasi dan audit kepada berbagai industri. Diskusi ini memberikan pencerahan dan motivasi bagi para mahasiswa MAKSI-PPAk. terkait potensi karier setelah lulus.

Kegiatan semakin lengkap dengan sharing session oleh Psikolog dari Fakultas Psikologi UI Wuri Prasetyawati, M.Psi., Ph.D., yang memberikan beberapa pertanyaan asah otak. Ia menegaskan kepada mahasiswa untuk berpikir kritis, “Hidup tentu akan selalu menghadapi masalah, demikian pula dengan masa perkuliahan. Persepsi setiap individu terhadap suatu masalah bisa berbeda-beda, tergantung dilihat dari sisi mana. Oleh karena itu, seseorang perlu berpikir kritis, yakni menggunakan kriteria tertentu untuk mengevaluasi penalaran, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.”

Kegiatan pun ditutup dengan penjelasan sertifikasi internasional di bidang akuntansi manajemen oleh Country Manager di Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) dan foto bersama.

Informasi lebih lanjut tentang program MAKSI-PPAk., silakan kunjungi website maksi-ppak.feb.ui.ac.id dan Instagram @maksippak.febui. Bisa pula menghubungi melalui email di maksi-ppak@ui.ac.id.